Pengenalan HTML

Share:
Hai Semua, Kembali lagi dengan saya kali ini kita akan mempelajari tentang HTML
Oke...Lihat langsung saja dibawah ini

Apa itu HTML ?

HTML adalah kepanjangan dari Hypertext Markup Language dan merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan dalam mebuat halaman web.
Dengan menggunakan html, teks di dalam dokumen web dapat memiliki struktur seperti heading, gaya tebal/miring/garis bawah, paragraf,tabel, dll.

Dokumen Web yang termarkup disusun dari kumpulan tag.
Tag adalah konten yang digunakan untuk membuat struktur dokumen web.
setiap tag memiliki fungsi yang berbeda

  • HyperText: adalah istilah teks aktif, yang apabila diklik akan meloncat atau menuju halaman lain. Ini merupakan kemampuan dari sebuah halaman web yang dapat saling berhubungan antara halaman satu dengan lainnya.
  • Markup: Merupakan tag-tag yang biasanya diawali dengan tag pembuka (opening tag) dan tag penutup (closing tag) yang memberi kemampuan untuk menata layout atau memformat struktur halaman web pada sebuah konten teks sederhana didalam file HTML itu sendiri.
  • Language: yaitu bahasa yang digunakan oleh HTML itu sendiri. Perintah-perintah tag menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh browser atau interpreter lainnya.


Software untuk membuat HTML :


  1. Notepad
  2. Notepad++
  3. Sublime
  4. Atom 
  5. Adobe DW

Cara membuka (Open) file HTML

File HTML, biasanya berekstensi .html atau .htm dapat langsung dibuka dengan web browser seperti: Google ChromeMozilla FirefoxOperaSafariInternet Explorer dan Microsoft Edge.
Jika Anda ingin membuka file HTML dengan maksud untuk meng-edit (merubah) kode didalamnya, maka gunakanlah aplikasi editor yang telah disebutkan pada judul cara membuka file HTML diatas.

Contoh penggunaan HTML :

Sekian Dari Pengenalan ini , Terima Kasih Atas Kunjungan ke blog ini